Indonesia Penghasil Pisang Terbesar Ke-7 Di Dunia



Indonesia Penghasil Pisang Terbesar Ke-7 Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Indonesia dikenal sebagai kawasan pusat asal-usul pisang didunia. Negara ini juga mempunyai varietas pisang yang lebih banyak dari negaralain. Tapi, ternyata Indonesia hanya menempati urutan ketujuh duniasebagai produksi pisang tahunan.



Pakar bioteknologi yang juga Direktur Pusat Tanaman Tropis danBiokomoditas di Queensland University of Technology, Australia, Profesor JamesDale pada 19 Juni 2012 memaparkan makalah berjudul "Banana for the 21stCenturies: Pushing Back the Threat of Extinction" di Kedubes Australia,Kuningan Jakarta.

Berdasarkan data Dale, produksi pisang Indonesia hanya 6,3 jutaton per tahun. Indonesia kalah dengan produksi pisang India yang mencapai 26,2juta ton per tahun dan Uganda dengan 10, 5 juta ton. Bahkan, masih tertinggaldengan Filipina dengan 9 Juta ton per tahun.

Pola pengelolaan pisang di Indonesia yang sebatas pekarangan menjadi faktorkecilnya produksi pisang. Di luar negeri, pisang menjadi salah satukomoditas yang dimanfaatkan. Ini disebabkan pengelolaan pisang dilakukan dengansistem pertanian ribuan hektar untuk memproduksi pisang. Selain soalkomoditas, tingginya produksi pisang disebabkan buah ini menjadi makanan pokok bagi masyarakat tertentu,seperti di Uganda, Afrika.

Pisang menjadi salah satu dari makanan pokok dunia. Sembilan makananpokok lain yakni beras, jagung, gandum,sorghum (sejenis tanaman serupajagung atau gandum), singkong, millet (semacam padi-padian), talas, kentangmanis, dan kentang.

Ikhwal asal usul pisang, Dale mengatakan spesies asli pisang tumbuhsebagian besar di kawasan kepulauan Indonesia, Papua Nugini, dan wilayahAsia Tenggara. Varietas asli pisang yang tumbuh di kawasan pusat ini dikenaldengan nama Musa accuminata (AA). Dengan perkembangan waktu, muncul varietaslain Musa balbisiana (BB). Jenis ini hasil persilangan alami varietas aslitersebut. Varietas Musa balbisiana (BB) tumbuh dan berkembang diwilayah India,Hongkong, dan Taiwan.

Varietas Musa accuminata

berkembangmenjadi beberapa spesies diantaranya errans di kawasan Filipina, banksiidi Papua dan Papua Nugini, zebrina disepanjang Nusa Tenggara sampai ujung baratPulau Jawa, microcarpa di Kalimantan, malacensis di Malaysia.


Follow On Twitter